Pemanfaatan Microsoft Excel Sebagai Media Pembelajaran Matematika

Standar

Pemanfaatan Microsoft Excel Sebagai Media Pembelajaran Matematika

  1. Pendahuluan

             Ms-Excel yang sering  disingkat Excel adalah program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu menghitung, menganalisa, dan menyajikan data secara otomatis. Dalam perkembangannya sudah banyak versi Ms-Excel yang beredar. Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2007 (Excel 12).

2.  Fungsi Ms-Excel

Ada banyak fungsi yang disediakan Microsoft Office Excel yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika diantaranya adalah: Statiska,  Fungsi matematika seperti logaritma dan akar. Fungsi Statistik seperti penjumlahan, rata-rata dan permutasi Fungsi Trigonometri seperti sin dan tangen Fungsi Matriks seperti determinan matriks, invers matriks, hasil perkalian matriks Fungsi Logika seperti komparasi Boolean, dan Fungsi keuangan seperti periode pembayaran dan suku bunga. Yang akan dibahas disisni adalah tentang statistika,

 3.  Pemanfaatan Ms-Excel untuk Statistika

Dalam statistika ada 2 pokok bahasan penting yang dapat dipermudah pengerjaanya dengan Ms-Excel :

  1. Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran dan ogive serta penafsirannya.
  2. Menggunakan aturan pertambahan dan fungsi(rata-rata, nilai terbesar, dll) dalam statistika.

4.  Menyajikan Data dalam bentuk tabel

      Dalam Ms-Excel kita berkerja dalam workseet berbentuk table sebelum menyajikan data, langkah pertamayang harus dilakukan adalah dengan memasukkan data ke dalam worksheet.Sederhana saja, data baik berupa angka maupun kategori diketik pada cell yangyang aktif, satu sel hanya untuk satu item saja.

Contoh :

Coba pada cell A1 anda ketik SEKOLAH, pada cell B1 ketik STATUS, pada cell C1 ketik JUM PES, pada D1 ketik BINDO, pada E1 ketik BINGG dan pada F1 ketik MAT. Tampilan pada worksheet anda adalah sebagai berikut :

tabel matematika 11

Agar lebih rapi bisa digunakan pengatur lebar kolom dan baris secra otomatis dengan cara :

            Pada kotak kecil pojok kiri A dan di atas 1, arahkan kursor dan klik sehingga semua cell tersorot dengan sendirinya. Selanjutnya, lebar kolom dapat diaturdengan menempatkan pointer mouse pada garis batas kolom dan dengan tetap menekan mouse kiri kita dapat menggeser garis batas ini ke kiri ataupun ke kanan. Hal yang sama dapat dilakukan untuk mangatur lebar baris.

            Agar jelas mengenai data yang ada di dalam worksheet maka sebaiknya kita memberikan judul dibagian atasnya. Karena baris pertama sudah terisi judul kolom maka kita dapat menambah baris dengan cara mengaktifkan cell A1, kemudian dari menu bar Insert, pilih row dan kelik. Lakukan ini dua kali sehingga kita mempunya dua baris kosong diatas tabel yang dapat diisi judul tabel. Akhirnya, diperoleh tampilan berikut.

tabel math 22

5.  Mengurutkan data

Mengurutkan data dengan menyusun data dari yang terkecil sampai yang terbesar disebut urutan menaik (ascending). Sebaliknya, urutan turun (descending) data disusun dari paling besar sampai yang paling kecil. Urutan berdasarkan abjad didasarkan pada urutan dari A sampai Z untuk naik dan dari Z sampai A untuk turun.

Pekerjaan ini dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :

1. sorot dan blok semua data yang ada.

2. Melalui menu bar, klik Data dan pilih Sort. Akan muncul kotak dialog berikut

tabel math 333

3. Pilih MAT pada Sort by dan tandai Descending sebelah kanannya untuk membuat urutan turun. Hasilnya adalah sebagai berikut

dari ini

Capture buka 5

menjadi

Capture buka 4

6.  Menggunakan aturan pertambahan dan fungsi(rata-rata, nilai terbesar, dll) dalam statistika.

      Dalam Ms-Excel untuk operasi-operasi matematika biasana mengunakan Formula. Formula digunakan untuk mentransformasi data yang ada pada beberapa cell menjadi data baru. Formula diketik pada Formula bar dengan diawali tanda sama dengan (=).

Beberapa contoh formula dan artinya :

1. =D4+E4+F4 adalah perintah untuk menjumlahkan bilangan-bilangan yang ada didalam cell D4, cell E4 dan cell F4.

2. =avarage(D4:F4) adalah perintah untuk menghitung nilai rata-rata data yang terdapat dalam cell D4 sampai dengan cell F4 (bergerak ke kanan).

3. =max(F4:F18) adalah perintah untuk menentukan bilangan terbesar diantara bilangan-bilangan yang terdapat pada cell F4 sampai dengan cell F18.

Untuk membuat data baru hasil tranformasi data yang telah ada kita harus menempatkannya pada cell yang masih kosong.

Langkah-langkahnya :

  1. Buat judul JUM pada kolom G.
  2. Aktifkan cell G4.
  3. Pada formula bar ketik = (D4+E4+F4), dan pada worksheet akan muncul tampilan seperti berikut.
  4. Selanjutnya bila di Enter maka pada cell G4 muncul angka 27.71.

Capture buka 3

Bila diinginkan semua sekolah dihitung jumlah nilainya maka tempatkan cell aktif pada cell G4, tekan mouse kiri, tahan, lalu geser (drag) kebawah sampai cell G18.

Capture buka 2

7.  Penggunaan Diagram

Penyajian data yang menggunakan tabel atau bahkan deretan angka- angka yangbanyak biasanya tidak gampang dipahami. Sebagai gantinya untuk beberapa keperluan tertentu data lebih menarik disajikan dalam bentuk diagram atau chart. Banyak pilihan diagram yang disediakan oleh Excel, misalnya diagram pohon, diagram garis, diagram pencar dan lain sebagainya, ditambah lagi banyak variasi tampilan yang dapat dibuat. Sebelum membuat diagram, kita klik dulu chart wizard pada toolbar sehingga muncul tampilan

berikut :

Capture baru 1

Selanjutnya lakukan 4 langkah sederhana sebagai berikut :

1. Pilih tipe diagram yang diinginkan dalam chart type dan subdiagram

pada sub-type.

2. Tetapkan data (range data) yang akan ditampilkan pada diagram.

3. Lengkapi keterangan seperti judul diagram, nama sumbu koordinat,

legend, dan lain-lainnya.

4. Tetapkan lokasi dimana diagram ini akan ditaruh.

Dari data-data diatas maka didapat diagram seperti berikut:

Capture baru

 

8.  Kesimpulan

      Ms-excel sangat membantu dalam penyajian data dalam bentuk tabel maupun diagram dalam Statistika. Semua dapat dilakukan secara otomatis yang mempermudah pengaturan dan penyusunan data serta meminimalkan kesalahan dan tampilanya juga lebih menarik, jika secara manual mengerjakan statistika  membutuhkan waktu yang lama dan hasilna belum tentu akurat. Kesempurnaan Penggunaan Ms-Excel dapat dilihat dari kemampuan dan keahlian pemakainya

Daftar Pustaka

Yadnya, Dewa Putu. (2008). Penuntun Praktik Komputer Program Microsoft Excel.

Hernadi, Julan. (2009). Penggunaan Microsoft Excel Sebagai Media Pembelajaran Matematika Topik Statistika pada SMA/MA Berdasarkan Standar Isi KTSP 2006. .http://julanhernadi.files.wordpress.com/2009/02/pelatihan-excel.pdf. 28 Januari 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s